Jumat, 18 Mei 2012

Manfaat Kemiri

Kemiri, bumbu dapur yang satu ini selain digunakan para ibu-ibu untuk memasak beragai macam bahan masakan. yang sering kita tahu yakni, ternyata kemiri juga dipercaya mampu menghitamkan rambut. Selain Kemiri memiliki khasiat menghitamkan rambut, kemiri juga berkhasiat  menebalkan rambut.
Ternyata bukan itu saja yang terkandung manfaat dari kemri,  kita juga bisa mengintip manfaat lain dari kemiri yakni kemiri dipercaya mampu membuat kulit wajah yang sehat dan berseri. Penasarankan bagaimana manfaat  dari bumbu dapur yang satu ini jika digunakan untuk kecantikan wajah.
Khasiat yang cukup dikenal masyarakat dari buah kemiri adalah memperkuat dan menyuburkan rambut. Untuk menyuburkan rambut,
enam biji kemiri ditumbuk halus lalu ditambah air secukupnya dan dimasak hingga mengeluarkan minyak. Minyak tersebut digosokkan pada kulit kepala, tiga kali seminggu. Bisa juga dengan ramuan 10 gram kemiri, enam lembar daun mangkokan, dua lembar daun pandan wangi, enam lembar daun urang aring, 50 cc minyak kelapa, 50 cc minyak wijen, dua kuntum bunga mawar, 14 kuntum bunga melati direbus dengan 2.000 cc air hingga tersisa 1.000 cc. Kemudian rebusan disaring dan dioleskan ke kulit kepala setelah dingin sambil dipijat. Lakukan dua kali sehari.

Untuk mengatasi rambut rontok, 40 gram daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya, 20 gram daun mangkokan, dan 20 gram daun waru muda dihaluskan. Kemudian tambahkan 50 cc minyak kemiri hangat. Diaduk, lalu dioleskan pada kulit rambut hingga rata, diamkan beberapa saat lalu rambut dicuci hingga bersih.

Mengatasi sariawan, getah dari kulit batang kemiri ditambah santan kelapa secukupnya ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Untuk sakit gigi, getah daun kemiri beberapa tetes dilumaskan pada gigi yang sakit.

Mengatasi diare, 20 gram kulit batang kemiri segar ditumbuk hingga halus lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Rebusan kemudian disaring dan diminum sebanyak 150 cc, lakukan dua kali sehari

Kandungan kimia yang terdapat dalam kemiri adalah gliserida, asam linoleat, palmitat, stearat, miristat, asam minyak, protein, vitamin B1, dan zat lemak. Bagian yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah biji, kulit, dan daun.

menebalkan alis secara alami dengan kemiri, Ambil satu buah kemiri lalu bakar hingga gosong. Kemudian tumbuk kemiri hingga halus dan ambil minyaknya. Oleskan minyak kemiri ke alis menggunakan korek kuping.  Oleskan pagi hari dan biarkan hingga sore, atau oleskan malam hari dan diamkan hingga pagi. Lakukan secara rutin setiap 2 hari sekali.
Seorang wanita dengan alis tebal dan hitam akan tambah lebih cantik. Minyak yang terdapat dalam buah kemiri mengandung zat yang bisa merangsang pertumbuhan rambut dan bulu.

Ternyata Kemiri itu ga cuma bermanfaat buat rambut, tetapi berguna juga buat Tubuh dan Wajah.

Untuk bagian tubuh, kemiri dijadikan body scrub, berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel. Jangan lupa diberikan treatment khusus untuk kaki, di telapak kaki sampai betis dengan menggunakan scrub kemiri tadi. 

Untuk bagian Wajah,  diperlakukan seperti facial wajah. Kemiri nya sendiri tetap dibuat scrub. Berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga wajah kembali cerah.

Resep cantik alami yang satu ini, perlu dicoba deh, kemiri termasuk bumbu dapur, mudah didapat dan harganya juga murah meriah. Yuuuks...cobain...

0 komentar:

Posting Komentar