Sabtu, 26 Mei 2012

Masker Wajah Alami

Sudah lama sekali wanita akrab dengan masker. Dulu, masker lebih banyak terbuat dari bahan jamu-jamuan. Kini, beragam bahan bisa dipakai, mulai krim, lumpur, gel, kolagen atau lembaran tisu siap pakai yang mudah diaplikasikan ke seluruh permukaan wajah dan leher. Kandungan di dalamnya biasanya terdiri dari mineral, vitamin, atau ekstrak buah-buahan yang menyegarkan yang dapat membuat kulit wajah bersih dan kencang.

Masker ini bisa digunakan diseluruh bagian kulit wajah, kecuali bagian yang sensitif seperti kedua mata dan mulut.
Sebelum menggunakan masker, diharuskan untuk membersihkan wajah dahulu. Disarankan kulit benar-benar dalam keadaan kering agar masker lengket di wajah.

Bagi kulit kering dan sensitif, dianjurkan untuk tidak terlalu lama menggunakan masker. Cukup kira-kira 10 menit saja. Sedangkan untuk kulit berminyak kira-kira 15 sampai 20 menit.

Berikut cara membuat masker wajah alami dengan manfaatnya bagi tiap jenis-jenis kulit tertentu yang dapat anda buat di rumah, dan tentu saja benar benar alami tanpa bahan kimia berbahaya.

Bahan :
* 1 Buah Pisang
* 2-3 Sendok Makan Susu

Cara Membuat dan Menggunakan:
Kerok Pisang dan campur dengan susu untuk membuat adonan.
Balurkan ramuan ini keseluruh kuli khususnya bagian yang mengalami pengerutan. Setelah 15 menit, bilaslah wajah dengan air hangat.




Bahan:
* 1/2 cangkir timun, diparut
* 1 putih telur
* 2 sendok-teh susu bubuk

Cara membuat dan menggunakan:
Campurkan bahan diatas dan aduk secara merata. Baluri wajah dengan adonan ini lalu bilas dengan air hangat setelah kurang dari 20 menit. Lakukan pembilasan lagi dengan air dingin, lalu keringkan.
  
Bahan :
* 3 Sendok Makan Madu
* 1/2 buah jeruk, diperas

Cara membuat dan menggunakan :
Panaskan campuran madu dan perasaan jeruk di atas api dengan nyala sedang. Aduk madu dan perasan air jeruk hingga tercampur rata dan mencair. Dinginkan lalu balurkan ke wajah dan leher. Biarkan masker ini selama 20 menit lalu bersihkan dengan air hangat.
 

Bahan :
*1 sendok makan Tepung gandum
* Air Hangat Secukupnya
* minyak zaitun

Cara membuat dan menggunakan:
Olesi wajah dengan minyak zaitun lalu balurkan masker ini pada wajah. Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat.


Masker Wajah Alami dapat kita buat sendiri di rumah dari bahan buah buahan dan tentu saja cara pembuatannya tidak rumit.

1. Masker Alpukat atau Kiwi & Madu; masker wajah alami ini bermanfaat untuk mengencangkan kulit jadi bagi yang berusia dibawah 30 tahun dan dapat menghilangkan keriput  pada wajah.


Bahan-bahan yang digunakan antara lain:
- 2 sdm alpukat/Kiwi dihaluskan.
- 1 sdm madu
- 1 sdm putih telur

Caranya:
Campurkan semua bahan hingga rata. oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. diamkan selama 15 menit. bilas dengan air biasa hingga benar-benar bersih.

2. Masker Apel; masker  wajah alami ini bermanfaat untuk melembutkan kulit yang kering dan mencerahkan wajah.


Bahan-bahan yang digunakan  antara lain:
- 1 buah apel
Caranya:
Potong apel menjadi 4 bagian, kupas ¼ bagian buah apel tersebut kemudian parut. Simpan di lemari es hingga dingin kemudian oleskan pada wajah, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

3. Masker Alpukat dan Semangka; masker wajah  alami ini bermanfaat untuk menenangkan wajah yang kemerahan dan meringkas pori pori  karena mengandung 99% air yang bermanfaat menyegarkan kompleksi wajah.

Bahan-bahan yang digunakan  antara lain:
- ½ buah alpukat
- 1/4 potong Semangka
- 1 sdt Madu
- minyak zaitun secukupnya
- Perasan dari ½ buah jeruk
- ½ sdt minyak chamomile

Caranya:
Panaskan madu hingga mencair (jangan terlalu panas) campurkan dengan bahan-bahan lainnya. Setelah dingin aplikasikan masker ke seluruh wajah dan leher. Biarkan selama 30-35 menit  hingga kering. Bilas dengan air biasa hingga benar-benar bersih.

Note: Masker wajah alami tersebut bisa tahan selama 2 hari selama disimpan di kulkas.


0 komentar:

Posting Komentar